Back to Kompasiana
Artikel

Iklim

Frühlings Blumen (I)

REP | 01 April 2011 | 04:34 Dibaca: 489   Komentar: 2   0

Mengagumi Keindahan Bunga-bunga Musim Semi di Jerman

Musim semi atau Frühling dalam bahasa Jerman biasanya diawali pada bulan Maret.  Pada bulan ini udara masih cukup dingin bahkan salju kadang-kadang masih turun, namun seiring berjalannya waktu, udara akan semakin menghangat. Bila musim semi tiba seolah-olah  kita memasuki dunia yang penuh harapan, bagaimana tidak, kita bisa mulai melihat tanda-tanda kehidupan pada pohon atau rerumputan.  Tunas-tunas itu muncul di beberapa tempat seperti mengucapkan “Selamat tinggal musim dingin yang beku dan gelap. Selamat datang masa baru yang penuh harapan.” Kehidupan baru seolah hadir bersama dengan munculnya tunas-tunas baru, bersama dengan cerianya burung-burung di udara, dan hangatnya sinar mentari.

Mengamati musim penuh harapan ini memang sangat menarik, lihat saja rerumputan, disitu mulai muncul tumbuhan baru, dan yang lebih mengherankan lagi munculnya tunas itu bukanlah tunas daun akan tetapi tunas bunga yang siap untuk mekar, ya.. musim semi memang identik dengan musim bunga, seolah alam berpesta dengan sejuta bunga, mengganti kebekuan dan kesunyian pada saat musim dingin. Warna-warni dan harum semerbak bunga terlihat dan tercium dimana-mana membuat hidup ini juga semakin indah dan bergairah.

Schneeglöckchen

Pada awal Maret, kita bisa melihat munculnya bunga putih yang tingginya tidak lebih dari 20cm. Saat mekar bunganya berbentuk seperti lonceng kecil, maka orang Jerman menyebutnya Scneeglöckchen (lonceng salju yang kecil), dalam bahasa Latin disebut Galanthus Nivalis. Bunga ini adalah bunga pertama di musim semi, maka kedatangan musim semi sering disertai dengan gambar schneeglöckchen atau dalam bahasa latin disebut Galanthus Nivalis ini.

Selain itu Schneeglökchen juga terdapat bunga yang bernama  Marzenbecher (Leucojum vernum) yang arti harafiahnya adalah mangkok bulan Maret. Warnanya juga putih kecil seperti bunga Schneeglöckchen, tapi bentuknya lebih menyerupai mangkok kecil .

1303783304562888115

Schneegloeckchen dan Maerzenbecher

Narzisse

Bunga lain yang sering dijumpai di awal musim semi adalah Narzisse atau biasa disebut Narcissus (Narcissus Pseudonarcissus) atau bunga Daffodill. Orang Jerman sering menyebut juga dengan Osterglocke (=lonceng paskah) karena munculnya bersamaan dengan memasuki pasa Paskah.  Warnanya kuning, ada juga yang putih, tingginya sekitar 30 cm, tumbuh dari umbi yang ditanam di beberapa tempat. Kalau diperhatikan bentuk bunganya seperti bunga angrek Cattleya  tapi ukurannya lebih kecil dan  tentu saja mekarnya tidak lama seperti bunga anggrek. Sebetulnya ada banyak varian dari bunga Narzisse ini, namun yang sering dijumpai adalah bunga dengan warna kuning atau putih.

Krokusse

Pada pertengahan Maret kita bisa melihat munculnya bunga ungu yang agak besar, itulah Krokusse atau Krokus. Bunga ini juga menjadi bunga yang menandai datangnya musim semi. Ada banyak varian Krokus, selain ungu ada yang berwarna putih, kuning atau kombinasi warna. Krokus sering muncul diantara semak-semak, menjadi hiasan diantara bunga-bunga lain yang muncul di tanah. Bunga krokus sering muncul dalam gambar-gambar kartu paskah bersama dengan gambar kelinci atau telur paskah.

13037834241493040587

Narzisse dan Krokusse

Schneeglanz

Masih di rumputan bunga lain yang indah adalah Schneeglanz (Chionodoxa luciliae) yang artinya adalah kilau salju, sesuai namanya bunga ini berwarna biru dengan coretan putih di tengahnya. Bunga ini muncul sekitar akhir Maret. Kombinasi warna biru putih ini sungguh menawan, mereka muncul bersamaan di rumputan menjadikan rumput bagaikan karpet bunga menawan.

Ada juga bunga yang mirip dengan bunga ini, namanya adalah Blaustern (Scilla bifolia) yang berarti bintang biru, memang bunga ini bentuknya seperti bintang dan berwarna biru, muncul di semak-semak rumputan, kecil, namun sangat cantik bila kita lihat secara bergerombol.

1303783516973900500

Blaustern dan Schneeglanz

Forsythie

Bunga Forsythie (Forsythia) berwarna kuning ini sering nampak menyala di tengah pepohonan yang belum berdaun, tingginya bisa sampai 2 meter tergantung besar pohonnya, munculnya sekitar Maret sampai dengan April. Warna kuningnya sangat kontras dibandingkan dengan sekitarnya, namun bila fase bunga sudah usai bunga ini akan digantikan daun yang kelihatan tidak begitu menonjol. Dalam bahasa Inggris sering disebut Golden Bells mungkin karena bentuknya seperti lonceng dan berwarna kuning menyala.

13037835981960484538

Forsythie

Gänzeblümchen

Gänseblümchen (Bellis perennis) ini memang kecil di rumputan, tapi bisa berbunga banyak sekali dan bertahan lama, munculnya memang bulan Maret namun bisa ditemui hingga saat musim panas tiba. Perhatikan mahkota bunganya, cantik sekali, diameternya sekitar 2-3 cm, berwarna putih dan di tengahnya berwarna kuning. Apabila kita memandang salah satu bunga  dari dekat, pasti akan  menambah ketakjuban tersendiri, sedangkan bila kita melihat hamparan bunga  ini di rumputan seolah kita menyaksikan  alam yang sedang menari dan menyanyikan lagu gembira.

Scharbockskraut

Scharbockskraut (Ranunculus ficaria L.) adalah bunga berwarna kuning dan muncul di semak rumputan. Dalam bahasa Inggris disebut Early star of Bethlehem, memang bunga ini seperti bintang, karena kecantikannya orang kemudian  menyamakannya dengan  indahnya bintang Bethlehem. Munculnya juga bergerombol, hamparan bunganya juga seperti karpet yang menghiasi tanah kering.

Bunga lain yang sejenis dengan bunga ini adalah Wald-Anemone, warnanya putih, biasanya tumbuh di hutan, besarnya hampir sama dengan Scharbockskraut hanya warnanya putih, meskipun kecil bunga ini tak juga kalah menawannya.

1303783678237254449

Gaensebluemchen dan Scharbockskraut

Primel

Bunga Primel biasanya  tidak tumbuh liar, tetapi memang sengaja ditanam di halaman atau di pot. Yang ditanam di pot biasanya digunakan sebagai hiasan rumah atau dapat dipakai sebagai cendera mata. Warna bunga ini ada bermacam-macam :  merah, ungu, kuning, putih, dll. Bunga ini mekarnya di bulan Maret. Warna-warnanya yang cerah, mencolok, sangat kontras dengan warna daunnya menjadikan bunga ini  sungguh ‘eyecatching’ (menarik perhatian mata untuk melihatnya).

Stiefmütterchen (Viola)

Kata Stiefmutter dalam bahasa Jerman berarti ibu tiri, tapi Stiefmütterchen disini adalah nama bunga kecil dengan daun berwarna hijau tua. Bunganya sendiri mempunyai warna yang bervariasi, hampir semuanya mempunyai warna yang mencolok, ada merah, kuning, biru, ungu, dsb. Dalam bahasa Inggris bunga ini mempunyai sebutan banyak sekali, ada yang menyebut Heartsease, Field Pansy, Garden Violet, Wild Pansy, dsb. Dengan warna-warna cerahnya, bunga ini mampu menarik perhatian siapapun yang melewatinya.

13037837702057998657

Stiefmuetterchen dan Primel

Mahonie

Bunga Mahonie (Mahonie Berberis) aquifolium berwarna kuning, bunganya kecil tapi bergerombol sehingga tampak banyak. Bunga ini biasa dijumpai di pinggir-pinggir jalan atau pekarangan rumah. Bila kita perhatikan sepintas daunnya mirip dengan daun bunga mawar, hanya sedikit lebih tebal. Kombinasi warna kuning dan hijaunya daun membuat bunga ini juga enak untuk dipandangi.

Johannisbeere

Johannisbeere adalah buah kecil-kecil berwarna merah, sering dijumpai di halaman rumah, kebun, atau bahkan tumbuh liar di sekitar hutan. Buahnya yang berwarna merah memang sangat cantik, tapi jangan ditanya rasanya, sangat-sangat asam. Meskipun sudah dicampur gula masih terasa asam. Buah ini bagus  bila dipakai sebagai variasi kue atau ice cream dan sangat cantik bila dipakai sebagai  hiasannya karena  warnanya sangat menggugah selera. Bunga Johannisbeere berwarna merah jambu, dengan kombinasi warna putih di tengahnya. Tidak begitu menonjol memang, tapi bunga ini banyak kita jumpai di semak-semak halaman rumah atau tumbuh liar di sekitar hutan.

13037838482103323610

Mahonie dan Johannisbeere

Löwenzahn

Arti harafiah ‘Löwenzahn(Taraxacum officinale) adalah taring singa, entah kenapa bunga ini disebut Löwenzahn, barangkali karena mahkota bunganya yang berbentuk runcing-runcing. Tanaman ini termasuk jenis rumputan, bunganya berwarna kuning munculnya sekitar akhir bulan April. Tidak begitu istimewa tapi bunga ini sangat umum dan sering dijumpai di hamparan rerumputan.  Dalam jumlah yang banyak, bunga ini sungguh menjadi hiasan diantara hijaunya rumput.

Petunie

Disebut Hängepetunie karena bunga ini memang sering digantung, Ada banyak variasi warnanya, semuanya berwarna cerah. Dipakai sebagai hiasan rumah, bunga ini sering kita jumpai menghiasi teras atau balkon rumah. Di Swiss banyak orang memasang bunga ini di balkon apartemennya, sehingga seluruh bangunannya menjadi semakin indah semarak.

13037839191130357271

Loewenzahn dan Petunie

Vergissmeinnicht

Vergissmeinnicht (Myosotis sylvatica) dalam bahasa Ingrisnya adalah Forget me not. Entah siapa yang memberi nama bunga ini dan apa maksudnya. Bunganya kecil-kecil  dan berwarna biru, biasa tumbuh di halaman rumah. Bunga ini memang tidak begitu kelihatan menonjol, saat berjalan-jalan mungkin kita bisa melewatinya begitu saja, tapi bila kemudian mata kita menangkapnya dan melihat dari dekat, ternyata memang sangat menawan, baik bentuk maupun warnanya (lihat hasil zoom foto). Dan bila kita memandangnya dari dekat  seolah bunga ini mengatakan “Please dont forget me !” Dan kitapun akan segera mengatakan : “Oh yes, you’re so qute and beautiful, I can’t forget you.. sweet blue flower!”

Zierquitte

Bunga ini mempunyai warna merah/orange yang sangat mencolok, sehingga sudah menarik perhatian dari jauh. Kelopak bunga dan daunnya agak tebal, jadi masa berbunganya cukup awet, bahkan sampai musim panas masih bisa dijumpai bunga Zierquitte (Chaenomeles Zierquitte) ini. Batangnya kecil tapi ulet dan ada durinya.

1303783992766034383

Vergissmeinnicht dan Zierquitte

Flieder

Mengamati bunga Flieder (Syringa vulgaris) tampak seperti bunga melati yang dirangkai dalam sebuah batang, memang bila diperhatikan bunga ini sepintas mirip bunga melati tetapi  bentuknya bergerombol dalam jumlah yang banyak. Warnanya ada yang putih ada juga yang berwarna ungu.  Bunganya muncul sekitar bulan April. Tingginya sekitar 2 meter.  Tumbuh di halaman, bunga yang putih bersih ini memiliki pesona tersendiri.

Weißer Schneeball

Weißer Schneeball (Virbunum Opulus) artinya bola salju putih, memang bunga ini berwarna putih dan bulat seperti bola. Bunganya mirip dengan bunga flieder hanya  bentuknya bergerombol bulat seperti bola.  Dari jauh memang terlihat sangat mewah. Bunga putih yang bentuknya menggumpal-gumpal ini memang sangat sangat menawan.

1303784060248163544

Flieder dan Weisser Schneeball

Magnolien

Nama Magnolien berasal dari seorang botaniker Perancis bernama Pierre Magnol.  Ada banyak varian bunga magnolie (MagnoliaX_soulangiana) ,  ada yang putih, kombinasi putih dan merah jambu, atau putih kekuningan. Bunganya cukup besar dan hampir memenuhi seluruh batang pada musim semi. Dari jauh bunga ini tampak anggun dan cantik, penampilannya sangat berbeda bila pohonnya sudah dipenuhi daun, maka di musim semi pohon Magnolie ini benar-benar tampil beda dan istimewa.

Rhododendron

Bunga Rhododendron sebetulnya juga banyak dijumpai di daerah tropis, ada yang menyebutnya sebagai bunga ‘Mawar Cina’, tetapi pada musim semi di daerah dengan 4 musim bunga ini menjadi sangat istimewa.  Bunganya bisa tumbuh lebat sekali, lebih banyak daripada daunnya.  Satu tangkai batang itu bisa tumbuh tiga atau empat tangkai bunga, sehingga tumbuhan ini benar-benar dipenuhi bunga pada musim semi. Bunga ini muncul pada bulan April sampai dengan Mei. Warna bunga yang dominan ini tentu sangat menarik perhatian kita untuk memandangnya.  Warnanya ada bermacam-macam : putih, ungu, merah jambu, sampai merah.  Bunga Rhododendron menjadi salah satu bunga yang menghiasi alam di musim semi yang indah ini.

13037841361618984967

Magnolien dan Rhododendron

Tulpen (Tulip)

Tulip adalah salah satu bunga musim semi yang sangat populer di dunia. Tulip memiliki variasi bentuk,tinggi dan warna yang sangat banyak, bahkan konon ada yang baunya harum. Negeri Belanda atau negeri kincir angin menggunakan tulip sebagai ikon negaranya. Mereka memiliki taman bunga yang sangat terkenal yaitu Keukenhof yang dibuka hanya pada musim semi sekitar bulan April-Mei.  Di taman itu kita bisa menjumpai berbagai variasi tulip yang hampir semuanya sangat indah.

Hyazinthe

Disebut Traubenhyazinthe (Muscari species) karena bentuk bunga ini seperti anggur (trauben=anggur). Bunganya kecil tingginya sekitar 30 cm dan warnanya biru keunguan. Munculnya sekitar bulan Mei. Bentuknya memang cukup unik, sangat indah bila kita melihatnya bergerombol dalam jumlah yang banyak. Di taman Keukenhof Belanda, bunga ini ditanam rapi di suatu area, sehingga warna birunya tampak begitu menawan, memanjakan mata yang melihatnya.

1303784204472557174

Tulpen dan Hyazinthe

Pussy Willow

Bunganya cukup unik, kecil-kecil terdapat pada batang yang panjang. Bunga ini memiliki bulu yang halus, sehingga cocok dinamakan Pussy Willow (genus Salix) . Bunga ini banyak dijual di toko bunga, batang-batang yang panjang membentuk rangkaian gaya minimalis. Bunga ini juga sebagai penanda musim semi.

Heckenrose

Heckenrose (Rosa canina) ini adalah jenis mawar kecil, tumbuhnya liar di tepi-tepi jalan. Kelopak bunganya tidak begitu banyak, warnanya bermacam-macam, ada yang putih, kuning, merah jambu tua/muda, dsb.

Bunga ini munculnya pada  pertengahan Mei. Rata-rata bunga mawar mulai muncul ketika udara sudah cukup hangat yaitu sekitar pertengahan Mei.

13037842681455795698

Pussy Willow dan Heckenrose

Edelgoldregen

Dalam bahasa Jerman Edelgoldregen (Laburnum x watereri) kalau diartikan sama dengan hujan logam emas, yah bunga ini memang  bentuknya jatuh menggantung ke bawah seperti tumpahan air hujan. Warnanya kuning sehingga pantas untuk disebut sebagai emas. Pohonnya cukup tinggi dan termasuk tanaman keras. Kombinasi warna kuning dan hijaunya daun menjadi perpaduan yang mempesona.

Blauregen, Glyzine

Bunga ini mirip dengan Goldregen, hanya warnanya biru keunguan. Pertamakali melihat bunga ini cukup terkagum-kagum, namanya Blauregen (Wisteria sinensis) yang berarti hujan biru. Pohonnya termasuk jenis merambat, biasanya terdapat di tembok/pagar, sehingga bunganya seperti jatuh tergantung. Pada musim semi bunga ini muncul banyak sekali, warnanya juga sangat menawan yaitu biru/ungu muda. Melihatnya tergantung di tembok kesannya seperti hiasan pesta, tapi hiasan alam ini memang jauh lebih indah daripada hiasan pesta artificial.

1303784344179910984

Goldregen dan Blauregen


Kaiserkrone

Kaiserkrone (fritillaria imperialis) berarti mahkota raja, bunga ini memang bentuknya unik, seperti mahkota. Tingginya sekitar 50-70 cm. Warnanya ada yang  kuning ada yang jingga. Warnanya yang mencolok dan bentuknya yang unik, tentu saja menjadi hiasan yang indah di musim semi

Agapanthus

Menurut informasi teman yang memiliki bisnis bunga, Agapanthus ini di Indonesia harganya sangat mahal. Tetapi di negara dengan 4 musim bunga ini cukup banyak dijumpai. Memang bunga-bunga frühling ini rasanya kalau sampai ke Indonesia pasti akan sangat mahal harganya.  Sayangnya di negara 4 musim ini bunga-bunga indah hanya muncul di alam dalam jangka waktu yang sangat pendek, sementara bunga-bunga di Indonesia bisa ditemui sepanjang masa, cukup adil kan…

13037844141036225818

Kaizerkrone dan Agapanthus

Itulah sebagian dari bunga-bunga  musim semi yang sempat kutemui,  masih ada banyak lagi jenis lain yang tak kalah indahnya. Selain itu, mekarnya bunga-bunga tidak hanya berhenti pada  musim semi, tetapi masih akan dilanjutkan lagi dengan bunga-bunga di musim panas yang juga banyak jenisnya. Alam memang tak pernah berhenti memunculkan keindahannya, warna-warni bunga menghiasi alam menampilkan keagungan karya Penciptanya. Warna-warni alam memanjakan mata, menggetarkan dawai jiwa, membumbungkan rasa, indah… tiada batasnya.

by kun-March2011

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kerumitan Membentuk Kabinet …

Mas Isharyanto | | 25 October 2014 | 14:51

Kompasiana Nangkring Special di Balikpapan …

Bambang Herlandi | | 25 October 2014 | 13:44

Ikuti Kompasiana-Bank Indonesia Blog …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 10:39

Gayatri Wailisa, Anggota BIN? Perlukah …

Arnold Adoe | | 25 October 2014 | 16:01

[PALU] Kompasiana Nangkring Bareng BKKBN di …

Kompasiana | | 01 October 2014 | 15:12


TRENDING ARTICLES

Jokowi Bentuk Kabinet Senin dan Pembicaraan …

Ninoy N Karundeng | 11 jam lalu

Kursi Gubernur Ahok dan Ambisi Mantan Napi …

Zulfikar Akbar | 17 jam lalu

Jangan Musuhi TVOne, Saya Suka Tendangan …

Erwin Alwazir | 17 jam lalu

Jokowi Ajak Sakit-sakit Dulu, Mulai dari …

Rahmad Agus Koto | 18 jam lalu

Gayatri, Mahir Belasan Bahasa? …

Aditya Halim | 21 jam lalu


HIGHLIGHT

Gayatri Dwi Wailissa, Anggota BIN yang Gugur …

Opa Jappy | 8 jam lalu

Belajar Ngomong:”Mulutmu …

Wahyu Hidayanto | 8 jam lalu

MEA 2015; Bahaya Besar bagi Indonesia …

Choerunnisa Rumaria | 8 jam lalu

Bersenang-Senang dengan Buku …

Mauliah Mulkin | 8 jam lalu

Kematian Pengidap HIV/AIDS di Kota Depok …

Syaiful W. Harahap | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: