Back to Kompasiana
Artikel

Penghijauan

Arief Wahyudi

mahasiswa fakultas psikologi, universitas padjadjaran

Pentingnya Kesadaran Diri Sendiri terhadap Lingkungan

OPINI | 09 December 2011 | 13:01 Dibaca: 276   Komentar: 0   0

Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita merupakan aspek dasar yang harus dimiliki oleh semua orang. Mengingat kondisi bumi yang suhunya terus meningkat, kita semua sebagai penghuni sekaligus sebagai pemakai sumber daya alam yang ada di bumi ini, kita harus menjaga bumi kita ini agar kondisi bumi membaik. Banyak cara sedehana yang dapat dilakukan oleh manusia untuk menjaga lingkungan agar lingkungan yang ditempati oleh manusia tersebut dapat dikatakan nyaman dan sejuk, caranya antara lain :

1. Membuang sampah pada tempatnya, hal sederhana tersebut adalah hal yang seharusnya dapat dilakukan oleh semua orang. Dengan membuang sampah pada tempatnya, kita dapat terhindar dari bencana seperti banjir. Banjir yang terjadi di pumukiman penduduk pada umumnya terjadi karena meningkatnya volume air pada tempat-tempat yang digenangi air, seperti kali, sungai, selokan, dan lain-lain, sehingga air yang ada pada genanagan air tersebut meluap keluar. Meningkat dan meluapnya volume air tersebut dikarenakan pada genangan-genangan air yang ada di pemukiman penduduk dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang oleh warga sekitar. Dengan demikian marilah kita membuang sampah pada tempatnya agar terhindar dari bencana banjir.

2. Menghemat energi, menghemat energi nampaknya salah satu hal yang juga diabaiakan oleh sebagian masyarakat, mengingat semakin menipisnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, contohnya minyak bumi, gas alam, dan batu bara yang selama ini menjadi bahan bakar penggerak mesin-mesin yang digunakan oleh manusia, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut lama-kelamaan juga akan habis apabia terus-menerus digunakan oleh manusia, oleh karena itu kita harus menghemat energi. Sikap masyarakat yang seharusnya dapat dilakukan untuk menghemat energi adalah dengan contoh sederhana berikut, dengan menghemat pemakaian listrik rumah tangga, menggunakan air conditiner dengan sangat bijak, dan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor apabila tidak bepergian jarak jauh (dapat digantikan fungsi kendaraan bermotor tersebut dengan sepeda, selain bersepeda dapat menghemat energi pada kendaraan bermotor yang tidak digunakan, sepeda juga dapat menyehatkan tubuh).

3. Memanfaatkan barang bekas agar dapat dimanfaatkan kembali, barang bekas yang sudah tidak berguna lagi sebenarnya masih bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain yang juga dapat digunakan oleh manusia. Ada yang langsung dapat digunakan kembali dan ada yang harus dirombak sedikit agar dapat digunakan. Barang bekas yang langsung dapat digunakan kembali dengan fungsi lain adalah kaleng bekas susu, kaleng tersebut dapat digunakan sebagai pot tanaman. Mengingat fungsi kaleng susu adalah sebagai wadah susu, tetapi karena fungsi sebagai wadah susu tidak berfungsi lagi, sehingga kaleng susu yang telah kosng tersebut dialihfungsikan sebagai pot tanaman. Barang bekas yang harus dirombak agar dapat digunakan kembali contohnya adalah bungkus-bungkus makanan ringan, bungkus-bungkus detergen, dan bungkus-bungkus lainnya yang hendak dibuang, bungkus-bungkus tersebut sebenarnya masih dapat dialihfungsikan lagi menjadi barang yang dapat digunakan oleh manusia. Mulanya bungkus tersebut hingga bersih, lalu potong agar ukuran setiap bungkusnya sama, lalu sambungkan bungkus-bungkus tersebut dengan mesin jahit sesuai dengan apa yang kita inginkan, seperti membuat celemek, tas, dompet, dan benda lain yang dapat digunakan, yang bahan bakunya adalah dari bungkus-bungkus yang tidak lagi dipakai (hendak dibuang), walaupun merombak bungkus-bungkus yang tidak dipakai tersebut terasa rumit, tetapi kita dapat meminimalisir sampah rumah tangga.

4. Menanam tumbuhan atau pohon di tempat tinggal kita, dengan menanam pohon di tempat tinggal kita, kita akan mendapatkan pasokan oksigen yang sangat bermanfaat bagi kita sendiri. Setelah kita menanam pohon atau tanaman lainnya, kita tetap harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Sebagai manusia yang menginginkan kesehatan, udara bersia juda dapat dikatakan sebagai prioritas utama selain air bersih dan makan higienis yang berkriteria empat sehat lima sempurna, udara bersih juga hal yang sangat penting karena bernapas merupakan kubutuhan manusia yang alamiah sebagai makhluk hidup.

Keempat poin diatas adalah hal sederhana yang sekiranya dapat dilakukan oleh manusia. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih dari polutan-polutan yang merugikan manusia. Kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan merawat tumbuh-tumbuhan adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang, agar alam ini pun menjadi kondusif dan terasa nyaman bagi semua manusia yang hidup di bumi ini yang dimulai dari kesadaran diri sendiri.

Arief Wahyudi

Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjdjaran

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Membayar Zakat Fitrah di Masjid Turki, …

Gaganawati | | 27 July 2014 | 22:27

Kiat Menikmati Wisata dengan Kapal Sehari …

Tjiptadinata Effend... | | 27 July 2014 | 19:02

Indahnya Perbedaan :Keluarga Saya yang Dapat …

Thomson Cyrus | | 27 July 2014 | 19:45

Ini Rasanya Lima Jam di Bromo …

Tri Lokon | | 27 July 2014 | 21:50

Punya Gaya “Make Up” Menarik? …

Kompasiana | | 09 July 2014 | 00:21


TRENDING ARTICLES

Temuan KPK: Pemerasaan Pada TKI Capai Rp 325 …

Febrialdi | 26 July 2014 22:14

KPK Lebih Dibutuhkan TKI Ketimbang TNI, …

Fera Nuraini | 26 July 2014 19:21

Taruhan Kali Ini Untuk Jokowi dan Demokrasi …

Hosea Aryo Bimo Wid... | 26 July 2014 19:19

Surat Lebaran untuk Emak …

Akhmad Mukhlis | 26 July 2014 14:40

Daftar Kompasioner yang Berkualitas …

Hendrik Riyanto | 26 July 2014 13:29

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: