blog

competition

Kirim tulisanmu dengan tema
"Nabung Pohon Yuk!"

Menangkan ribuan
hadiah menarik dari
CIMB NIAGA.

Menabung Pohon Menghasilkan Rupiah

REP | 09 May 2013 | 16:22 Dibaca: 155   Komentar: 3   2

Ketika mendengar kata menabung yang ada di pikiran saya adalah uang dan celengan ayam.

Menurut psikolog Prof Dr Muhammad Jufri, S.Psi.,M membiasakan anak menabung sejak dini akan mengajarkan anak memiliki jiwa wirausaha. Selain itu, anak juga akan menghargai uang dan waktu.

Menabung artinya menyisihkan sebagian uang untuk disimpan di tempat yang aman. Bagaimana dengan menabung pohon? menabung pohon menurut saya adalah menyisihkan sebagian uang yang saya punya untuk disimpan dalam bentuk pohon. Ya dalam bentuk pohon dan tentunya yang menghasilkan uang dong. Tapi, apakah ada pohon uang itu? Rasanya pohon uang hanya ada di buku - buku dongeng dan film - film animasi saja.

Tidak masuk akal kalau kita menyisihkan uang untuk di konversikan dalam bentuk pohon tanpa mendapatkan keuntungan. Mungkin banyak jawaban yang akan keluar dari menjaga lingkungan hidup lestari sampai ke lambung oksigen, tetapi jika kita bisa mendapatkan keuntungan berupa uang mengapa tidak.

“Mau dihitung dengan bunga bank manapun, menanam pohon tetap jauh lebih menguntungkan.” Investasi penanaman pohon menjanjikan keuntungan berlipat bahkan hingga 1.000%. Bidang tersebut juga bisa dijalankan tanpa perlu modal besar dan keterampilan khusus. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mencontohkan, untuk menanam sengon atau jabon, harga bibit hanya Rp 300 per batang. Dalam lima tahun, nilai pohon bisa mencapai Rp 300 ribu per batang. “Mau dihitung dengan bunga bank manapun, menanam pohon tetap jauh lebih menguntungkan,” ujar Zulkifli

Saya sependapat dengan Bapak Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. Kita bisa berinvestasi penanaman pohon dengan keuntungan sangat menjanjikan. Disamping mendapatkan uang kita juga dapat turut serta dalam menjaga lingkungan hidup.

Untuk bisa berinvestasi penanaman pohon jelas modalnya harus mempunyai uang dan lahan. Jika tidak mempunyai lahan, jangan kuatir! karena ada banyak perusahaan yang membuka kerja sama dengan investor dengan sistem bagi hasil. Nah disini kita harus jelih melihat dan meneliti  perusahan mana yang bonafit, terpercaya, dan mempunyai ROI (Return Of Investment) yang masuk akal.

Dengan demikian menabung pohon dan menghasilkan rupiah bukanlah suatu yang mustahil.

Tags: Array

Tulis Tanggapan Anda
Guest User