blog

competition

Kirim tulisanmu dengan tema
"Nabung Pohon Yuk!"

Menangkan ribuan
hadiah menarik dari
CIMB NIAGA.

Nabung Pohon Yuk!

OPINI | 10 May 2013 | 11:29 Dibaca: 140   Komentar: 0   0

Menabung Pohon Menuai Kesejahteraan

Kita,Kamu Dan Aku :)

NABUNG POHON YUK !

Loh… kok malah di suruh nabung pohon sih ? Gimana caranya ? Bukannya lebih baik menabung uang di bank aja,dari pada menabung pohon,lagian tidak ada untungnya bagi anak sekolah seperti aku ini,karena aku bukan seorang pengusaha kayu ? Ini adalah pertanyaan di benakku saat aku masih duduk di bangku SMA (kelas IPS 1),jika mendengar slogan itu . Karena penasaran,aku bertanya pada guru biologi kelas IPA,apa manfaatnya menabung pohon ? Yah… meskipun dari Sekolah Dasar,Sekolah Menengah dan seterusnya,aku sudah di kenalkan mengenai pohon dan manfaatnya, tapi aku tidak mengerti,yang aku mengerti hanya teorinya saja,sehingga aku tidak menyadari betapa berharganya jasa sebuah pohon itu. Ada banyak iklan-iklan di TV,slogan-slogan,tulisan-tulisan di berbagai koran,majalah, intinya di berbagai media massa yang menyerukan tentang “pentingnya pohon bagi kehidupan”. Contohnya : Gerakan Seribu Pohon ! (gambar orang menanam pohon),Stop Ilegal Loging ! (gambar silang pada orang yang menebang pohon), dan masih banyak lagi contoh-contohnya.

Guruku menjawab pertanyaan yang aku lontarkan tadi,ada banyak manfaat menabung pohon,misalnya : pohon itu bisa mencegah banjir,karena pohon mempunyai akar yang bisa menyerap air,sebagai tempat berteduh saat kepanasan, dan yang paling penting adalah mencegah terjadinya “Global Warming”,secara singkat Global Warming(Pemanasan Global) adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Ini adalah jawaban singkat dari guruku namun, sangat berarti bagiku.

Setelah menamatkan diri dari SMA (setahun yang lalu), aku mulai sedikit demi sedikit memahami,apa manfaat dari menabung pohon dan menyadari betapa berharganya pohon bagi kehidupan. Oksigen adalah gas yang di perlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon,memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung,tanaman menghisap gas karbondioksida. Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan,akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian,setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.Wah…hebat nih pohon-pohon J .

Selain itu juga, Pohon merupakan salah satu faktor yang bisa menyelamatkan kita dari global warming yang semakin parah. Fungsi utama pohon adalah menyerap karbon dioksida. Semakin banyak pohon, semakin banyak karbon dioksida diserap, semakin sehat juga bumi kita. Dengan rutin menanam pohon, diharapkan laju global warming bisa diperlambat secara signifikan, karena satu pohon bisa menyerap hingga 1 ton karbon dioksida seumur hidupnya. Mari Cintai Bumi kita. Mari berpartisipasi aktif untuk mengatasi global warming J.

Seperti tema dari artikel ini,”Nabung Pohon Yuk ! “,analoginya sama halnya dengan menabung uang,semakin sering menabung semakin banyak uang yang kita milik.Begitu juga dengan menabung pohon,semakin banyak kita menabung pohon, maka bermanfaat untuk memperlambat laju pemanasan global secara signifikan yang akan menghancurkan bumi kita tercinta ini.

Bagi teman-teman yang orang tuanya atau diri sendiri,berprofesi sebagai petani  ladang berpindah-pindah,pengusaha kayu dan segala profesi yang berhubungan dengan terancamnya pohon-pohon, bisa di beri penjelasan kepada mereka akan manfaat dari pohon dan jangan lupa berikan juga saran agar menanam pohon kembali pada lahan yang telah mereka tebangi pepohonan. Misalnya bisa di tanami dengan pohon karet (Hevea Brasiliensis Muell.Arg) tumbuhan yang sangat menguntungkan baik bagi empunya maupun bagi bumi kita ini,Pohon durian (Durio Zibethinus Murr),selain buahnya yang lezat dan kaya manfaat batangnya juga bisa sebagai bahan bangunan dan sebagainya.

Teman-teman sekalian,yuk…mari dari sekarang kita menabung pohon demi menyelamatkan kehidupan kita dan kehidupan sang bumi.Bersahabatlah dengan pohon karena banyak manfaat yang terdapat pada pohon.Menabung pohon menuai kesejahteraan Kita,Kamu dan Aku. Selamat menabung pohon ! :) .

Tags: Array

Tulis Tanggapan Anda
Guest User