blog

competition

Kirim tulisanmu dengan tema
"Nabung Pohon Yuk!"

Menangkan ribuan
hadiah menarik dari
CIMB NIAGA.

Bentuk Cinta Lingkungan dengan Menabung Pohon

OPINI | 11 May 2013 | 19:36 Dibaca: 307   Komentar: 0   1

Beragam cara bisa dilakukan dalam rangka ikut serta menjaga, menyeimbangkan sekaligus mencintai lingkungan ini dengan bentuk berpartisipasi melestarikan alam disekitar kita. ada beberapa alasan  mengapa kita harus mencintai lingkungan kita ini.

Pertama kita sebagai makhluk yang memiliki akal pikiran, sekaligus sebagai mandataris Tuhan dimuka bumi ini, untuk senantiasa menjaga, mengelola dan melestarikan alam, merupakan bentuk tanggung jawab yang telah diamanahkan, sehingga seluruh lapisan masyarakat bertanggung jawab menjaga lingkungan ini dari kerusakan, yang selama ini juga “banyak dirusah oleh manusia-nya sendiri”.

Kedua manusia dan alam merupakan bentuk kesatuan yang tak terpisahkan, fakta dilapangan menunjukkan bahwa  keduanya saling membutuhkan satu sama lain, sehingga terjadilah yang namanya simbiosis mutualisme. Alam dan seisinya ini sangat membutuhkan manusia sebagai pengelola dengan kekuatan konsep dan rancangan yang bisa diimplementasikan dalam bentuk sebuah program. Begitu pula manusia juga membutuhkan terhadap alam ini untuk melanjutkan kehidupan, karena tidak bisa kita pungkiri, alam dan seisinya ini sudah memberikan banyak hal yang bermanfaat bagi keberlanjutan kehidupan manusia.

Ketiga tidak hanya manusia yang membutuhkan perhatian dari kita, tetapi alam dan seisinya ini juga membutuhkan perhatian dengan cara mencintai, mengelola, dan melestarikan alam menjadi lebih asri dan lestari.  sementara itu situasi dan kondisi yang semakin memanas, karena memang tidak bisa kita pungkiri, banyak penebangan dan pengundulan hutan yang terjadi dimana-mana. Jika hal yang demikian kita biarkan terus terjadi dengan alasan karena fakor ekonomi dan minimnya lapangan pekerjaan, siapa kemudian yang akan di persalahkan?? kurang elok rasanya kalau kemudian saling menyalahkan satu sama lain, tetapi harus ada upaya-upaya yang signifikan guna melestarikan alam dan seisinya ini, sebagai bentuk harapan di masa depan, salah satunya dengan program menabung pohon.

Keempat Upaya penyadaran dengan melakukan pentingnya penyuluhan merupakan tanggung jawab semua lapisan, mulai dari masyarakat awam, para pemuda, pemerintah, dan semua element bertanggung jawab melestarikan alam dengan cara menabung pohon, guna sebagai masa depan anak - cucu yang akan dirasakan langsung dihari kemudian.

Kelima kepedulian semua pihak untuk melestarikan alam dan seisinya ini, penulis rasa sebagai bentuk pekerjaan mulia, dimana alam dan seisinya juga membutuhkan manusia, dan sebaliknya manusia juga membutuhkan keseimbangan alam dengan proses menjaga, melestarikan dan menghijaukan kembali hutan-hutan yang menggundul demi kebaikan bersama.

Keenam menabung pohon sebagai salah satu upaya menjaga kemungkinan-kemungkinan terjadinya longsor, banjir, dan bencana-bencana lain, yang memungkinkan akan menjadi penderitaan bagi masyarakat secara umum.

Dari enam alasan yang diuraikan diatas, merupakan bentuk partisipatif yang harus dilakukan oleh semua element guna menjaga, melestarikan, dan menyeimbangan alam dengan proses kesadaran diri guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya mencintai lingkungan dengan berpartisipasi menabung pohon.

“nabungpohon”

Tags: Array

Tulis Tanggapan Anda
Guest User